21 Feb

About Australia

australian_flag_3Geografi

Dengan luas total 7,69 juta kilometer persegi, Australia daratan merupakan pulau terbesar di dunia – tetapi juga benua terkecil.

Benua ini membentang sekitar 3.700 kilometer dari utara ke selatan dan 4.000 kilometer dari timur ke barat, menjadikannya negara terbesar keenam setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brasil.

Australia juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri atas satu negara. Kadang-kadang Australia disebut pula benua “pulau”, karena dikelilingi oleh lautan.

Australia yang Multikultural

Masyarakat Australia berasal dari berbagai latar belakang budaya, etnis, bahasa, dan agama, dan fitur ini membentuk masyarakat Australia modern. Kaum aborigin dan penduduk pulau-pulau di Selat Torres telah hidup di Australia selama puluhan ribu tahun. Kebanyakan orang Australia adalah imigran atau keturunan imigran yang datang ke sini selama dua ratus tahun terakhir dari lebih dari 200 negara. Bahasa yang paling umum digunakan di Australia adalah Bahasa Inggris, dan agama yang paling banyak dianut adalah Kristen, meskipun bahasa dan agama lainnya juga umum.

Cuaca di Australia

Australia memiliki cuaca sedang hampir sepanjang tahun, tetapi iklimnya bermacam-macam akibat besarnya benua kami.

Negara bagian di utara biasanya bercuaca hangat hampir sepanjang waktu, sedangkan negara bagian di selatan mengalami musim salju yang lebih dingin.

Australia juga merupakan salah satu benua terkering di bumi dengan curah hujan tahunan rata-rata tidak sampai 600 mm.

Seperti semua negara di belahan bumi selatan, musim di Australia berkebalikan dengan musim di belahan bumi utara.

Desember sampai Februari musim panas; Maret sampai Mei musim gugur; Juni sampai Agustus musim salju, dan September sampai November musim semi.

Zona waktu di Australia

Australia dibagi menjadi tiga zona waktu:

Waktu Standar Timur Australia (AEST) meliputi negara bagian timur Queensland, New South Wales, Victoria, Tasmania, dan Teritorial Ibu Kota Australia. AEST setara dengan Waktu Universal Terkoordinasi plus 10 jam (UTC +10).

Waktu Standar Tengah Australia (ACST) meliputi negara bagian Australia Selatan, kota Broken Hill di New South Wales barat, dan Teritorial Utara. ACST setara dengan Waktu Universal Terkoordinasi plus 9½ jam (UTC +9½).

Waktu Standar Barat Australia (AWST) meliputi Australia Barat. AWST setara dengan Waktu Universal Terkoordinasi plus 8 jam (UTC +8).